• About
  • Contact

Manfaat berjemur di pagi hari yang jarang diketahui oleh kita

 on Kamis, 02 Juni 2016  

Kawan, kira-kira kegiatan apa yang akan anda lakukan saat mentari menyingsing langit pagi ?, mandi, masak, olah raga atau malah tidur lagi seperti apa yang dikatakan oleh almarhum mbah surip ? ( he..he..he.. bercanda kok kawan ). Ngomong-ngomong soal aktifitas kita di pagi hari, rata-rata dari kita akan berolah raga entah itu berlari kecil atau jogging, maupun senam pagi yang selalu diiringi oleh alunan musik senam yang enerjik untuk membakar keringat. Namun kawan ada juga orang yang enggan keluar rumah karena takut kulit mereka menghitam. Banyak orang yang  takut terkena sinar matahari karena dianggap bisa menghitamkan kulit. Sinar ultraviolet dari matahari juga bisa meningkatkan risiko kanker kulit bagi orang-orang berkulit putih, waduh ? .
Sebenarnya sih kawan, kecemasan terhadap sinar matahari tersebut dapat diatasi dengan menggunakan tabir surya. Tapir surya ?, bukan tapir tapi tabir, tabir surya. fungsinya agar kulit kita tidak terbakar dan tetap sehat. Lagipula kawan, matahari tak selalu buruk bagi kesehatan kita kawan. Khusus untuk sinar matahari pada pagi hari, justru dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Kok bisa ?, yuk kita Tanya pada akhlinya !.
Dari media kompas healt pernah menulis, menurut dokter spesialis gizi klinik, Samuel Oentoro mengungkapkan bahwa paparan sinar matahari pagi yang ada pada pukul 7.00-9.00 dapat membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Jika diambil kesimpulannya kawan, pada saat itu adalah waktu yang tepat untuk kita semua untuk beraktivitas sambil memperoleh nutrisi gratis loh, tanpa perlu minun obatkan ?.

"Terkena matahari 10-15 menit,  HYPERLINK "http://health.kompas.com/tag/Kolesterol?utm_source=RD&utm_medium=inart&utm_campaign=khiprd" Kolesterol di bawah kulit akan diubah jadi vitamin D," jelas Samuel dalam acara peluncuran Multivitamin Centrum Advance di Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Apakah perbedaannya berjemur antara orang kulit putih dengan orang kulit hitam itu ada ? 
Pasti ada kawan, perbedaannya, berjemurnya orang kulit putih dengan orang kulit hitam memiliki daya yang cukup signifikan. Berbeda dengan orang berkulit putih,  orang berkulit hitam bisa berjemur lebih lama di pagi hari. Sebab, pada orang berkukit hitan terdapat lebih banyak pigmen yang menghalangi sinar ultraviolet untuk masuk. Vitamin D memiliki banyak manfaat, terutama dapat menguatkan tulang dan otot. Pada bayi, vitamin D juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya. Itulah sebabnya kawan. mengapa orangtua perlu menjemur bayinya di pagi hari. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, jika sinar matahari dipercaya dapat memicu pelepasan serotonin di otak. Pelepasan serotonin ini dapat membuat suasana hati lebih baik. Jika tidak percaya, silahkan untuk mencobanya kawan ?, apalagi bagi yang habis diputus cinta ! ( just kidding :p )
Lalu apa yang terjadi jika kita kekurangan vitamin D kawan ?. Jika kita kekurangan vitamin D bisa menyebabkan tubuh kita mengalami penyakit tulang seperti osteoporosis, ricket atau pelunakan tulang pada anak-anak, hingga osteomalacia atau tulang lunak dan rapuh yang terjadi pada orang dewasa. Lalu bagaimana yang bekerja dimalam hari  kawan ?, sebenarnya masih ada lain selain berjemur dengan sinar matahari. Selain dari bantuan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapatkan makanan maupun minuman, seperti susu. Namun kawan, ketika masuk ke dalam tubuh kita tidak bisa langsung terbentuk menjadi vitamin D aktif yang dipakai oleh tubuh.

"Mau tidak mau harus menyediakan waktu berjemur matahari," kata Samuel.

Samuel pun menyarankan untuk kita supaya rutin berolahraga di luar ruangan pada pagi hari agar mendapat manfaat vitamin D dari sinar matahari yang cerah. Jadi kawan, berjemur itu penting juga bagi tubuh kita, tidak hanya jemuran baju saja kawan yang memerlukan sinar matahari, tubuh kita juga perlu memerlukannya agar dapat memproduksi vitamin D secara alami, hitung-hitung juga ngirit biaya kawan. Karena kesehatan adalah sesuatu yang mahal. 
Demikian kawan, manfaat dari berjemur di pagi hari yang jarang diketahui oleh kita. Meski terlihat sepele namun penting bagi kesehatan, baik dewasa maupun balita. Nikmat apalagi yang kita ingkari, lah wong sinar matahari saja gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Namun kadang kita sering melalaikannya kawan. Jadi selamat mencoba kawan. Ingat sehat itu mahal dan taka da ruginya untuk mencobanya. ( kyota hamzah )

Sumber : mengutip dari kompas healt
http://health.kompas.com/read/2016/06/01/071000423/Ayo.Berjemur.di.Pagi.Hari.Efeknya.Menyehatkan


Manfaat berjemur di pagi hari yang jarang diketahui oleh kita 4.5 5 Warung Media Kamis, 02 Juni 2016 Kawan, kira-kira kegiatan apa yang akan anda lakukan saat mentari menyingsing langit pagi ?, mandi, masak, olah raga atau malah tidur lag...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme