• About
  • Contact

Lima produk yang hanya ada saat puasa

 on Selasa, 14 Juni 2016  


Marhaban yaa ramadhan, tak terasa kita sudah masuk bulan puasa lagi kawan. Perasaan masih kemarin saja kita bertemu, eh ketemu lagi. Tapi kawan, jika kita bertemu bulan puasa kita harus bersyukur karena tak semua bisa bertemu dengan bulan yang mulia ini. Seperti ibu hamil, orang sakit, maupun orang yang sudah meninggal. Semua bergembira karena bulan ramadhan memiliki ciri khasnya sendiri dibanding bulan-bulan biasanya. Banyak aktifitas yang hanya ada saat puasa seperti berbuka puasa, tarawih, tadarus, dan sahur.
Banyak orang yang menyambut kedatangannya. Tua, muda, pria, wanita selalu menantikan kedatangannya dengan berbagai persiapan baik yang di masjid, rumah, maupun tempat kerja. Berbicara tentang tempat kerja, apa beberapa perusahaan yang memproduksi barang maupun jasa yang limited edition seperti produk yang ada dibawah ini.

Takjil

Tak afdol berbuka puasa tanpa takjil walaupun dengan kurma dan air putih saja. Takjil merupakan kudapan pembatal puasa saat waktu berbuka telah tiba. Ada beraneka macam kudapan yang biasanya digunakan untuk berbuka, ada yang menggunakan kurma, roti, buah, maupun permen sekaligus. Namun yang paling umum dimasyarakat kita adalah kurma. Selain rasanya yang manisnya pas, kurma juga diyakini sebagai makanan kesukaan rasulullah saat waktu berbuka tiba dan dapat mengganjal perut hingga waktu tarawih tiba. Karena itulah buah yang tumbuh di gurun ini laris manis saat bulan puasa tiba.
Karena takjil hanya ada saat bulan puasa saja, maka  tak heran jika banyak sekali penjual takjil dadakan yang selalu ada menjelang berbuka. Ada yang berjualan dipinggir jalan, pasar, dekat masjid. Selain kudapan, ada juga yang menawarkan minuman segar seperti es buah, es kopyor, es tebu, maupu yang dapat memulihkan tenaga dari dahaga.
Petasan

Mungkin sudah menjadi tradisi jika menjelang berbuka, untuk menunggu berbuka banyak anak-anak yang membeli petasan baik yang lempar maupun yang dibakar. Meski telah dilarang, namun penyebarannya masih cukup. Baik yang ada di desa maupun di kota permintaan akan petasan sangat besar. Terbukti dengan banyaknya pedagang yang berjualan secara terang-terangan.
Sebenarnya penggunaan petasan dalam menunggu waktu berbuka itu kurang tepat, melihat hakikat puasa untuk beribadah secara totalitas. Akan tetapi, sudah menjadi budaya di tengah masyarakat dengan adanya petasan. Semarak menyambut ramadhan akan terasa melekat pada benak tiap orang asal digunakan sesuai dengan norma dan tidak merugikan orang lain serta dengan dampingan orang dewasa.

Sirup

Ada guyonan teman-teman jika menjelang bulan puasa yang dilihat bukan hilalnya, tapi iklan sirupnya. Loh kok ?. tidak mengherankan jika muncul guyonan tersebut. Kita tahu sendiri jika banyak perusahaan sirup berlomba merebut hati pembelinya dengan menyiapkan iklan yang mampu mengingatkan mereka akan datangnya bulan ramadhan. Selain mengungatkan datangnya buklan ramadhan, mereka juga mengingatkan masyarakat akan produk mereka yang selalu hadir menemani berbuka puasa dengan minuman yang menyegarkan tubuh setelah berpuasa jauh-jauh hari sebelumnya.
Lalu mengapa harus jauh-jauh hari ?, karena saat bulan puasa tiba, orang-orang akan mencari sirup yang mereka iklankan untuk menu berbuka. Dan voila, akan ada banyak promo di supermarket dan pasar yang menawarkan beraneka rasa sirup.
Selain itu sirup adalah minuman yang mudah disajikan saat menjelang berbuka. Cukup tuangkan sirup dengan air dingin dan selesai untuk disajikan orang banyak. Tak heran jika peminatnya cukup banyak saat bulan puasa ini. Selain itu sirup juga bias dikombinasikan dengan yang lain seperti es seru, es buah dan teman-temannya.

Roti kaleng

Yang satu ini juga tidak tertinggalan seperti kiklan sirup, namun bagi sebagiaan orang merasa sedikit dengan iklannya biscuit kaleng kebanyakan karena sedikit “ekstrim” sih, masa belum masuk bulan puasa saja sudah mengiklankan selamat lebaran. Lah dalah, puasa saja belun melakukan sudah menyambut kemenangan ? sama seperti menang perang tapi tidak perang kan aneh kawan ?
Tapi kita pinggirkan dulu sensasinya dan kita bahas tentang roti kaleng ini. Ada yang tahu jika roti kaleng menjadi produk yang keluar setahun sekali dan harganya pasti sudah mahal saat puasa tiba. Mengapa harus roti kaleng. Karena roti jkaleng bersifat tahan lama dan dapat dijadikan hadiah bagi orang-orang dan seandainya dibuat bingkisan juga pantes.

Parsel 

Tak jauh beda dengan roti kaleng, parsel juga bersifat sama jika dijadikan hadiah bagi orang-orang, hanya saja parsel tidak selalu berbentuk makanan. Ada yang berupa alat rumah tangga seperti piring dan gelas maupun berbentuk baju dan sprai bantal. Biasayna parsel akan muncul saat akhir bulan puasa, lebih tepatnya menjelang lebaran.

Itulah kawan beberapa produk yang keluar Cuma saat bulan puasa saja. Tapi ingat kawan tujuan bulan puasa adalah beribadah dan berbagi bagi sesama. (kyota hamzah)


Lima produk yang hanya ada saat puasa 4.5 5 Warung Media Selasa, 14 Juni 2016 Marhaban yaa ramadhan, tak terasa kita sudah masuk bulan puasa lagi kawan. Perasaan masih kemarin saja kita bertemu, eh ketemu lagi. T...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
J-Theme